Minggu, 01 Juni 2008

Pendidikan Entrepreneurship untuk Generasi Muda

Pendidikan Entrepreneurship untuk Generasi Muda
Kontribusi dari Administrator
Jumat, 12 Januari 2007

Pendidikan Entrepreneurship untuk Generasi Muda: Pengalaman di Luar Negeri. Oleh Antonius Tanan Pendidikan entrepreneurship bukan sekadar sebuah tren, tetapi ini adalah sebuah kebutuhan dan keharusan bagi masyarakat yang ingin maju. Tidak heran bila program pendidikan entrepreneurship sudah marak dipromosikan dan dilakukan di negaranegara maju. Apa yang telah terjadi di luar negeri dapat menjadi contoh untuk kita semua. Pendididikan Entrepreneurship untuk Pelajar Sebuah LSM di Amerika Serikat yaitu NFTE (Network for Teaching Entrepreneurship) sejak tahun 1987 menolong masyarakat kelompok usia muda dari golongan ekonomi lemah dengan cara membangkitkan kreativitas entrepreneurship dalam diri mereka. Sampai dengan saat ini mereka telah melatih lebih dari 120.000 generasi muda dan memberikan lebih dari 3.700 sertifikat pengajar Entrepreneurship.
NFTE memiliki keyakinan bahwa Entrepreneurship bisa dajarkan dan melalui pendidikan entrepreneurship generasi muda dari golongan ekonomi lemah dapat ditingkatkan produktivitas ekonomi mereka dengan cara meningkatkan keterampilan bisnis, akademis dan keterampilan hidup (life skill) mereka. Untuk mencapai tujuannya NFTE antara lain melakukan penciptaan kurikulum pembelajaran entrepreneurship yang inovatif & praktis melalui pendekatan praktek (experiental) untuk kelompok usia muda dan juga para pengajarnya, melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi, sekolah-sekolah dan organisasi kemasyarakatan. Hasil yang Telah Dicapai Sejak tahun 2002, Harvard Graduate School of Education melakukan evaluasi hasil akhir yang berhasil dicapai oleh NFTE dengan melakukan pelatihan entrepreneurship di kalangan masyarakat kurang mampu dan berikut ini adalah laporan mereka. Fokus Riset: Akademik/Karir • Minat untuk masuk perguruan tinggi meningkat 32% & bull; Aspirasi bekerja meningkat 44% • Inisiatif membaca mandiri meningkat 4% • Perilaku kepemimpinan sebagai inisiator/ pendiri bisnis meningkat 8,5% • kepemimpinan sebagai seorang pemimpin meningkat 13,2 % •
Keyakinan mampu mencapai sasaran meningkat Keberhasilan NFTE ternyata mendapat pengakuan masyarakat karena pada tahun 2004 Steve Mariotti menjadi finalis dari Entrepreneur of The Year USA dan akhirnya ia mendapat penghargaan khusus dalam malam final Entrepreneur of 2The Year 2004 di Amerika Serikat. Pendidikan Entrepreneurship di Jenjang Perguruan Tinggi. Dalam sebuah laporan yang disampaikan pada acara EURAM atau European Academy of Management 2nd Annual Conference tanggal 9-11 Mei 2002 di Stockholm dalam sesi Innovative Research in Management, Christian Luthje Assistant Professor dari Technical University of Hamburg dan Nikolaus Franke, Professor dari Vienna University of Economics and Business Administration Institute of Entrepreneurship melaporkan bahwa pendidikan entrepreneurship di Amerika Serikat selama 40 tahun terakhir ini berkembang pesat sekali. Bila pada tahun 1960-an hanya tercatat 10 universitas yang melakukan Pendidikan Entrepreneurship namun pada tahun 1990-an sudah terdapat di 400 universitas dan pada tahun 2002 diperkirakan telah melampaui jumlah 700 universitas.
Pertumbuhan yang sama terjadi di negara-negara lain misalnya di Jerman. Pada tahun 1996 terdapat 106 Kursus Pelatihan Entrepreneurship dilakukan di 92 Universitas (Kofner, Merges & Schmidt 1999). Dalam laporan ini disampaikan berbagai temuan di berbagai tempat di dunia telah menunjukkan betapa pentingnya pendidikan entrepreneurship itu, antara lain ????? Sebuah survei di antara sekelompok mahasiswa yang mengikuti kursus introduksi entrepreneurship di sebuah Universitas di Amerika Serikat dengan ukuran sedang menemukan bahwa · 80 % dari mahasiswa mempertimbangkan untuk memulai bisnis sendiri ·3 dari 4 mahasiswa melaporkan bahwa mereka membuat rencana konkrit untuk memulai bisnis · 76% dari responden menyatakan bahwa kursus entrepreneurship memberikan dampak yang sangat besar dalam keputusan mereka untuk masuk dalam bisnis (Clark, Davis & Harnish 1984)
Pengamatan yang lain menunjukkan telah terjadi sebuah tingkat penciptaan bisnis yang tinggi di antara mahasiswa MBA yang mengikuti tiga atau lebih kursus Entrepreneurship di Universitas di Kanada (Mc Mullan, Long & Wilson 1985). Sedangkan sebuah studi di Inggris menyimpulkan bahwa pelatihan entrepreneurship telah mendorong dan mempercepat kegiatan kepada lebih dari separuh para pesertanya untuk membangun bisnis (Brown 1990) Sebuah pengamatan di kalangan mahasiswa Irlandia yang mengikuti student Entreprise Award telah menemukan bahwa kegiatan di atas memberikan dampak yang sangat penting dalam mereka mengambil keputusan karir (Fleming 1994). Studi yang dilakukan oleh Vesper & Mc. Mullan, 1997 menunjukkan bahwa pelatihan/ kursus entrepreneurship menolong para alumni perguruan tinggi untuk mampu membuat keputusan yang lebih baik dalam proses memulai bisnis.

http://www.ciputra.org Powered by Joomla! - @copyright Copyright (C) 2005 Open Source Matters. All rights reserved Generated: 6 December, 2007, 22:11

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Pemerintah yang ada sekarang memang tidak memperhatikan pendidikan, dibuktikan dengan banyaknya siswa yang terlantar dan guru yang tidak terjamin kehidupannya.
saran pasang aja widget infogue.com, bisa nambah pengunjung ke blog kita lho.
seperti di blog wathasiwa yang baru buat..hehe
http://www.padhepokananime.blogspot.com/
artikel anda watashiwa submit di:
http://pendidikan.infogue.com/pendidikan_entrepreneurship_untuk_generasi_muda